SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG DI BLOG
SUGIYATNO
SELAMAT MENIKMATI

Minggu, 22 April 2012

pengertian metode logi penelitian


A.  Pengertian penelitian
Penelitian secara umum diartikan sebagai suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan  tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisis data menggunakan metode metode ilmiah. (sumber : Sukmadinata, Nana Syaodih . 2005. Metode Penelitian Pendidikan .Bandung: Remaja Rosdakarya).

B.  Tujuan penelitian
1.    Tujuan eksploratif. Penelitian dilaksanakan untuk menemukan sesuatu (ilmu pengetahuan) yang baru dalam bidang tertentu.
2.    Tujuan verifikatif. Penelitian dilaksanakan untuk menguji kebenaran dari sesuatu (ilmu pengetahuan) yang telah ada.
3.    Tujuan pengembangan. Penelitian  dilaksanakan untuk mengembangkan sesuatu  (ilmu pengetahuan) yang telah ada. (Sumber : Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tuntunan Lengkap Metodelogi Praktis PENELITIAN PENDIDIKAN. Yogyakarta: Diva Press).
C.  Fungsi Penelitian
1.  Pemecahan masalah, meningkatkan kemampuan untuk mengiterpretasikan fenomena-fenomena dari suatu masalah yang kompleks dan kait-mengkait.
2.  Memberikan jawaban atas pertanyaan dalam bidang yang diajukan, meningkatkan kemampuan untuk menjelaskan atau menggambarkan fenomena-fenomena dari masalah tersebut. (Sumber : Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tuntunan Lengkap Metodelogi Praktis PENELITIAN PENDIDIKAN. Yogyakarta: Diva Press ).

D.   Jenis-jenis Penelitian
1.    Berdasarkan Pendekatan
a.    Penelitian Kuantitatif
b.    Penelitian Kualitatif
2.    Berdasarkan Fungsinya
a.    Penelitian Dasar
b.    Penelitian Terapan
c.    Penelitian Evaluatif
3.    Berdasarkan Tujuannya
a.    Penelitian Deskriptif
b.   Penelitian Prediktif
c.    Penelitian Importif
d.   Penelitian eksplanatif
(sumber : Sukmadinata, Nana Syaodih . 2005. Metode Penelitian Pendidikan .Bandung: Remaja Rosdakarya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar