A. Pengertian
penelitian
Penelitian secara umum diartikan sebagai
suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan
logis untuk mencapai tujuan tujuan
tertentu. Pengumpulan dan analisis data menggunakan metode metode ilmiah.
(sumber : Sukmadinata, Nana Syaodih . 2005. Metode
Penelitian Pendidikan .Bandung: Remaja Rosdakarya).
B. Tujuan penelitian
1. Tujuan
eksploratif. Penelitian dilaksanakan untuk menemukan sesuatu (ilmu pengetahuan)
yang baru dalam bidang tertentu.
2. Tujuan
verifikatif. Penelitian dilaksanakan untuk menguji kebenaran dari sesuatu (ilmu
pengetahuan) yang telah ada.
3.
Tujuan pengembangan. Penelitian dilaksanakan untuk mengembangkan sesuatu (ilmu pengetahuan) yang telah ada. (Sumber : Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tuntunan
Lengkap Metodelogi Praktis PENELITIAN
PENDIDIKAN. Yogyakarta: Diva Press).
C. Fungsi
Penelitian
1. Pemecahan masalah, meningkatkan kemampuan
untuk mengiterpretasikan fenomena-fenomena dari suatu masalah yang kompleks dan
kait-mengkait.
2. Memberikan jawaban atas pertanyaan dalam
bidang yang diajukan, meningkatkan kemampuan untuk menjelaskan atau menggambarkan
fenomena-fenomena dari masalah tersebut. (Sumber : Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tuntunan
Lengkap Metodelogi Praktis PENELITIAN
PENDIDIKAN. Yogyakarta: Diva Press ).
D. Jenis-jenis Penelitian
1. Berdasarkan Pendekatan
a. Penelitian Kuantitatif
b. Penelitian Kualitatif
2. Berdasarkan Fungsinya
a. Penelitian Dasar
b. Penelitian Terapan
c. Penelitian Evaluatif
3.
Berdasarkan Tujuannya
a.
Penelitian Deskriptif
b.
Penelitian Prediktif
c.
Penelitian Importif
d.
Penelitian eksplanatif
(sumber : Sukmadinata, Nana Syaodih . 2005. Metode Penelitian Pendidikan .Bandung:
Remaja Rosdakarya).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar