SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG DI BLOG
SUGIYATNO
SELAMAT MENIKMATI

Jumat, 13 April 2012

seputar ust

UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA DAN PERKEMBANGANNYA
Kelahiran tamansiswa tidak lepas dari keadaan yang bergejolak dalam masyarakat pada waktu penjahan saat itu,penderitaan yang disebabkan belanda yang telah lama diindonesia. Yang melandasi lahirnya tamansiswa terdiri dari :
1. Politik etis pemerintah hindia belanda
2. Gerakan politik
3. Kelompok seloso kliwonan
Perguruan taman siswa berdiri pada tanggal 3 Juli 1922, dengan nama “National Onderwijs Institut Tamansiswa” yang ditandai dengan Condro Sengkolo menunjukkan tahun Jawa 1852. Tamansiswa didirikan oleh Ki Hajar Dewantara, beliau lahir tanggal 2 Mei 1889. Beliau merupan putra dari KPH Suryaningrat, cucu dari Sri Paku Alam III bangsawan dari Yogyakarta. Beliau wafat pada tanggal 26 April 1959, dimakamkan di Taman Wijaya Brata Tamansiswa. Tamansiswa menetapkan organisasinya sebagai Badan Wakaf Merdeka yang berarti badan sosial dan tunduk terhadap peraturan-peraturannya sendiri, dengan tidak bertentangan dengan norma-norma masyarakat dan undang-undang negara. Berdirinya perguruan Tamansiswa tidak mendapat restu dari pemerintah kolonial, karena sistem pendidikan yang dilaksanakannya bertentangan dengan sistem pendidikan kolonial. Sistem pendidikan nasional bertujuan pemerataan pendidikan dan untuk pembangunan bangsa yang merdeka, sedang pendidikan kolonial bertujuan untuk menegakkan kolonialisme, pengajaran terbatas, serta semata-mata untuk kepentingan kaum penjajah, bukanlah untuk kepentingan umum dan rakyat.
Pada kongges I tanggal 6-13 Agustus 1930 nama Tamansiswa ditetapkan menjadi perguruan nasional Tamansiswa berpusat di Mataram dan terbentuknya Persatuan Tamansiswa. Tamansiswa secara resmi diserahkan oleh pendirinya yaitu Ki Hajar Dewantara kepada Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa ditandai dengan piagam penyerahan yang disebut “Perjanjian Pendirian”, tanggal 7 Agustus 1930.
Perguruan tamansiswa berbentuk kegiatan persekolahan yang tidak hanya melakukan kegiatan sekolah biasa,tetapi lebih luas lagi;yaitu berbentuk paguron. Perguruan/paguron berarti tempat berguru, yang menyatu antara tempat gedung sekolah, tempat tinggal pamong dan siswa, tempat menuntut ilmu pengetahuan, tempat bergaul, dan tempat latihan untuk hidup salam dan bahagia.Taman siswa memiliki arti tempat mendidik para calon tunas bangsa,generasi penerus untuk melestarikan bangsa indonesia.
Tingkatan tingkatan perguruan tamansiswa terdiri atas :
1. Taman indria (taman kanak kanak)
2. Taman muda (sekolah dasar)
3. Taman dewasa (SLTP)
4. Taman madya (SMU)
5. Taman karya Madya (SMK / Kejuruan)
6. Taman sarjana (perguruan tingggi )



Sarjanawiyata adalah nama Universitas yang mulai dirintis sejak 15 November 1995 dengan nama Taman Prasarjana oleh Ki Hajar Dewantara. Pertama kali didirikan dengan maksud untuk mempersiapkan anggota Tamansiswa yang berpendidikan Tinggi.Pada tanggal 3 Juli 1962 ,Taman Prasarjana diubah menjadi Taman Sarjana Keguruan Ilmu Pendidikan (TASKLIP). Dengan rektor Nyi Hajar Dewantara.Pada tanggal 1 Oktober 1964 TASKIP diubah menjadi Sarjanawiyata Tamansiswa (SARWI) dengan rektor Ki Sarino Mangun Pranoto. SARWI diubah menjadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dengan rektor Ki Soebronto Projoharjono.

Gedung bangunan yang ada di UST terdiri atas 5 unit yaitu :
1. Kampus Unit Kebangsaan berada di jalan kusumanegara atau muja muju. Padepokan ini semula merupakan tempat tinggal Ki Hajar Dewantara dan keluarganya, setelah pindah dari komplek Pendopo Agung Tamansiswa. Kampus kebangsaan dipakai sebagai : kantor Rektorat, Kantor keuangan, Fakultas teknik, Fakultas Psikologi dan Gedung Pertemuan dilantai.
2. Kampus Unit Kusumanegara 121 berada di jalan Kususmanegara biasa disebut Unit Nyi Hajar Dewantara, merupakan tempat kegiatan Kantor yayasan , Kantor BAAK, Perpustakaan Unit II, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian.
3. Kampus Unit Tuntungan berada dijalan Batikan. Kampus ini biasa disebut Unit Ki Soetatmo Soeryokoesumo, merupakan tempat kegiatan Perkuliahan dan kantor Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP ).
4. Kampus Unit Wirogunan Tempel berada di jalan Batikan.Biasanya kampus ini disebut Unit Tjokrodirjo, merupakan tempat perpustakaan Pusat dan Kantor LP3M.
5. Kampus Unit Pendopo Agung Tamansiswa berada di jalan Tamansiswa, biasa disebut Unit Ki Hajar Dewantara. Kampus ini merupakan Kampus Studi Seni Rupa.Kampus ini lokasinya menyatu dengan Kantor Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Universistas Sarjanawiyata Tamansiswa merupakan Universitas dengan beberapa Fakultas dan sejumlah program setudi, yaitu antara lain :
1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
2. Fakultas Ekonomi
3. Fakultas Pertanian
4. Fakultas Psikologi
5. Fakultas Teknik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar